Definisi dan Fungsi Point of Sales Online

Assalamu'alaiku Wr. Wb. Ini suatu kesempatan saya untuk membagi mengenai Definisi dan Fungsi Point of Sales Online yang pertama kali blog mMn postingan dan yang harus anda baca untuk pengatahuan anda. Mari kita bersama sama membaca artikel di bawah ini dan di mulai dengan tema Fungsi Point of Sales Online. oke

Definisi dan Fungsi Point of Sales Online » Fungsi Point of Sales Online » Mumpung lagi sempet, sebaiknya saya langsung saja menulis artikel ini. Baru saja saya mendapatkan penjelasan yang baik, mengenai fungsi point of sales online.
Didalam sebuah komputer kasir, terdapat software point of sales. Dan tentu saja, sebelum kita memutuskan untuk menggunakan software point of sales online, ada beberapa hal yang wajib kita ketahui, khususnya mengenai Fungsi Point of Sales (POS) itu sendiri :
• Mendata setiap transaksi secara lengkap dan detail sehingga dapat menjumlahkan hasil penjualan pada hari itu.
• Dapat melakukan cek stock barang secara acak kapanpun. Hal ini mengurangi kecurangan atau kurang ketelitian karyawan
• Laporan Profit usaha dapat diketahui secara online dan real time
• Anda dapat mengganti harga jual secara massal dengan cepat. Misalkan menjelang lebaran ini, harga produk tertentu naik, Anda tidak perlu mengganti satu-per-satu, namun dapat melakukan penggantian per supplier maupun per kategori barang.
• Omzet dan Inventori dapat dilihat secara online dan realtime.
• Dapat mengetahui persediaan barang apa yang masih memiliki stok lumayan banyak sehingga anda dapat memberi perhatian lebih khusus seperti promo khusus.
• Mempersingkat proses transaksi
• Menjaga keamanan transaksi
Optimalisasi pengolahan data dan cepat dalam pemrosesan transaksi. hemat waktu dan relevan dalam bertransaksi. Perkembangannya saat ini mengarah pada penggunaan mesin kasir online yang berbasiskan komputer Point Of Sales atau biasanya di sebut POS Online.

Nah, bila anda sudah tau mengenai Fungsi Point of Sales Online. maka sekarang kita langsung ke tema selanjutnya yaitu Definisi Point Of Sales dan kita langsung saja baca di bawah ini :

Definisi dan Fungsi Point of Sales Online » Definisi Point Of Sales » Point Of Sales dan biasa disingkat POS dapat diterjemahkan bebas menjadi sistem kasir, yaitu aktivitas yang ber-orientasi pada penjualan yang terjadi pada bidang usaha retail.  Mengapa POS ini menjadi terlihat sangat penting? Hal ini semata-mata karena Point of Sales (POS) merupakan terminal tempat uang diterima dari pelanggan ke toko retail. Bagi pemilik usaha, uang masuk adalah indikator yang paling mudah untuk mengukur pendapatan, disebut dengan OMZET.
Point of Sales (POS) juga menjadi sangat penting karena seiring dengan berkembangnya usaha, sistem kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik, namun oleh karyawan. Karena itu pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh kasir, dan berapa uang yang didapatkan secara tepat.
Para pengusaha retail lama mungkin telah terbiasa dengan mesin kasir elektronik atau disebut Cash Register. Cash Register adalah sistem kasir sederhana yang bisa mengetahui omzet hari ini. Mesin ini juga bisa mengetahui aktivitas uang masuk oleh masing-masing karyawan kasir, jika dipakai oleh lebih dari satu orang.
Seiring dengan pesatnya perkembangan komputer, cash register mulai ditinggalkan dengan alasan sebagai berikut :
- Kapasitas penyimpanan terbatas
- Hanya dapat melakukan transaksi POS sederhana
- Tidak dapat digunakan untuk kepentingan lainnya
- Sistem POS terlalu sederhana. Kalaupun ada cash register yang mampu mendukung sistem stok (persediaan), harganya sangat mahal dibandingkan komputer
- Tidak dapat di upgrade. Misalnya tidak mendukung sistem Barcode. Kalaupun ada, harganya juga mahal.
- Biaya maintenance tinggi. Jika terjadi kerusakan modul, spare-part jarang tersedia dan harganya mahal.
Sistem Point of Sales (POS) atau kasir telah digantikan oleh sistem komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun fitur yang disediakan jauh melebihi cash register.
Saat ini cash register hanya cocok dipakai untuk counter-counter sederhana yang tidak mempunyai terlalu banyak barang. Misalnya depot di food court, open space counter di mall, atau usaha retail dengan frekuensi penjualan yang rendah. Satu-satunya keunggulan cash register adalah bentuknya yang compact dan mudah dipindah-pindah.

Bagaimana, apakah yang saya posting sudah membantu dan bisa buat anda mengerti dan mengetahui yang dimaksud Definisi dan Fungsi Point of Sales Online? bila anda sudah faham mengenai artikel di atas maka ketahui juga mangenai Software Point of Sales Online Omega POS Cloud dan semua artikel blog mMn semoga bermanfaat bagi anda semua.
7 komentar:
  1. artikelnya bagus.
    gak sekalian ikutan lombanya bro?

    BalasHapus
  2. Bingung juga awalnya yang dimaksud dengan POS

    BalasHapus
  3. mantap bro. karena membaca tulisan ini sekarang ane lebih mengerti apa itu software point of sales dan apa saja manfaatnya

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat bermanfaat dan detail. terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  5. jdul proposal saya ini bro
    program toko dngan php mysql dan dreamveawer pos
    nah prtnyaan saya soalny saya di tnya dosen pos itu metode atau apa trus saya jwb ap bro ??

    BalasHapus
  6. bilang aja, pos itu sendiri ialah kata dari Point of Sales Online "Software"

    BalasHapus
  7. Terima kasih gan, artikel ini cukup buat saya untuk jadi modal belajar POS suatu perusahaan.

    BalasHapus

Komentar yang Baik !!!.
Suka Artikel ini dan mau Copas? Baca dulu Peraturan Copas !!!.

Dilarang KlikJangan di Klik Terima Kasih telah Mengunjungi Blog mMn dan Selamat Berkunjung Kembali