Bore-up Harian Motor Vega New / Vega Lama
Banyaknya pertanyaan dari teman pengendara motor vega disekitar lingkungan bikin aku tergerak. Berdasrkan ilmu yang pernah dicoba padamotorku sendiri, bore-up motor vega harian gag perlu biaya mahal.
1. Dengan sedikit meng oversize piston / seher menggunakan merek tetangga motor kawasaki kaze r std, udah mampu mendongkrak cc motor vega menjadi 115cc, tanpa perlu mem boring ulang / overboring blok. Hanya pada blok.motor Vega new harus memapas pantat blok 2mm supaya kompresi pada mesin tidak low kompresi, sedangkn pada motor vega lama justru menambahkan paking blok 2 lembar agar si seher tidak menyentuh klep.
2.Dengan sedikit memapas noken as (camshaft) sesuai setiingan mesin. Fungsi noken as sendiri adalah mengatur waktu buka tutup klep.Menambah daya motor vega new (ukuran papasan, durasi, lebar pinngang noken as tergantung spek mesin anda) untuk. motor vega lama disarankan menggunakan noke as motor jupiter z / motor vega new untuk dipapas, karena memiliki lebih banyak lubang pelumasan.
3. Dengan sedikit membuang kulit jeruk (permukaan kasar) pada intake dan exhaust di blok dan intake manifold, dengan maksud memperlancar asupan dn pengeluaran bensin ke blok.
4. Penggunaan cdi std pada motor vega lama, karena diantara jenis motor vega pengapian motor vega lama yang paling sempurna, untuk motor vega new dpat mengaplikasi cdi motor jupiter lama (CDI part code 5LL-00) karena cdi ini belum limiter.untuk koil gunakan STD pabrikan.
5. Penggantian karbu, kunci utama dalam pengabutan bahan bakar, untuk motor vega lama dan motor vega new menggunakan karbu motor shogun 125, karena memiliki lubang venturi yang agak lebih lebar sedikit ketimbang karbumotor motor vega new. Dan memiliki power jet yang mampu membantu mendongkrak mesin di putaran atas.
6. Kampas kopling. Untuk pilihan yang ini, jika anda menggunakan kampas ukuran std lebih baik menggunakan kampas kopling motor FIZ-R karena memiliki tapak kampas yang lebih lebar sehingga mampu mendongkrak engine pada waktu oper gigi (putaran atas) dan memperlembut operan gigi. Kalau anda berani mencoba silahkan papas rumah kopling dan dudukan kampas kopling anda menggunakan kampas motor suzuki FR. Mantap dipkai karena kampas yang besar dan sangat mendongkrak mesin di putaran atas.
7. Per kopling. Mengaplikasi merek saudara kandung motor RX-king karena ukuran ulir yang lebih panjang ketimbang ukuran std sehingga mampu membantu anda mempercepat pergerakan buka tutup kampas kopling.
Untuk perubahan seperti ini aku udah mencobanya mas bro, aman, dan tetap safety serta pemakaian bahan bakar yang tidak terlalu jauh berbeda ketimbang spek std. yah ini jawaban mas bro.
Artikel terkait mengenai otomotif dan bore up harian motor » Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang dan Bore Up Harian Motor Jupiter Z dan Knalpot.
gambar dan tulisannya bagus mas bro
BalasHapuskalau ada waktu mampir mas bro
BalasHapusdi tunggu kunjungan baliknya mas bro
BalasHapusseharusnya postingan ini di posting Motor Elektronik Bonsai mas bro
BalasHapus1 google plus buat blog ini deh.
BalasHapuskunjungan baliknya ya bro
makasih smua
BalasHapusbisa di coba tuch...
BalasHapusSN mantap bro
BalasHapusbuat klep+per nya gmn mas?? pke std ato prlu gnti???
BalasHapusgak perlu diganti...
BalasHapussilahkan dicoba aja, pasti mantab bro
gan, harga paking blok kra" berapa ya???
BalasHapusmurah kok, kira2 20rban aja
BalasHapusBerhasil mas bro motor ku jadi kencang
BalasHapusbari, syukur alhamdullah
BalasHapusbrp tuh kira2 semuanya mas bro ? .
BalasHapusmuantaaaaaaaaap
BalasHapusbro, mtor sya vega th2000, tpi sbagian dah gnti kaya yg di atas, tpi masa' kalah sama revo standaarr,,,apa krna kompresi saya yg bocor berpengaruh ya bro??trimakasih
BalasHapusgan, klo ga dikasih paking blok di vega lama apa resikonya???apa harus dikasih??
BalasHapusYudhistira_1500an
BalasHapusEkiosku_y
Anonim_sangat pengaruh, klo bocor bukannya tambah enak melaikan tambah gak bertenaga
Anonim_tidak harus dikasih hanya rawan bocor
mantap Mas Infonya.
BalasHapussy punya masalah Vega Lama . Dipasang Boring Kaze + Piston nya. karena Boring Aslinya di rusak tukang Bubut.
masalah nya ternyata Boringnya Turun Jari sering Bocor Kompresi.
akhirnya dibubut lagi bloknya Jadi lebih pendek dan piston jadi mentok dan terlalu mepet Blok Atas. gimana cara nya cari Paking bawah yang agak tebal . sy pake dobel yang hitam eh dikencangin malah pada melotot keluat.
terima kasih jika ada info nya.
bisa saja pakek dobel tapi yang satu pakek paking atas, coba aja mas bro
BalasHapusagan nyang baek ati , ku pkai jupi lame, cdi rektor ajustbl, coil protek carspeed, mudhorodhnya busi paling lama umur 2 hari , abis itu inalilahi, tolooongin ente gan!!
BalasHapusagan nyang baek ati , ku pkai jupi lame, cdi rektor ajustbl, coil protek carspeed, mudhorodhnya busi paling lama umur 2 hari , abis itu inalilahi, tolooongin ente gan!!
BalasHapusanonim_kalo setahu saya emang busi rentan berumur pendek.coba aja pake busi yg iridium.perkiraan aku itu karena arus yg ke busi sangat besar.pengalaman aku pada motor shogun 125 busi cuma dpt hidup 1-2 bulan itupun cuma ganti cdi BRT.coba saja koilnya di ganti standar lagi,mungkin dpt memperlama umur busi.
BalasHapusanam_ ada barang ada harga.kalo yg bagus bungkusx banyak.
gan, ane mau nanya kalo vega lama tipe koil sama cdi nya apa ya?
BalasHapustrus harga koil sama cdi nya kira kira brapa ya?
Emanx bisa vega new ganti kampas k0pling fiz-r tanpa mer0mbak m0h0n penjelasan.a
BalasHapusedy...kang knapa kop vega lama ngk kuat nahan kompresi padet mesti bobor ngk kuat..
BalasHapusmantap tutorialnya bro.
BalasHapusaku puas nih
mlem sob..npa y vega lama qu,kiprok'ny sering jebol n skrang qu pake kiprok mio ori,tpi lampu dpan gak nyala.apa gak cocok to apa y.mohon bantuan'ny sob
BalasHapusAnonim_saya kurang tau juga ya, saya tidak memperhatikannya, maaf.
BalasHapus0kin_rombak sedikit masbro
Anonim_mungkin itu tidak ori, coba ganti yang ori saja
Kontes SEO Terbaru anekahosting.com web hosting murah terbaik di indonesia_ok sama - sama
sadoet_kiprok mio vega jupiter sama, mungkin yang dipakek anda tidak ori jadi sering jebol
gan sya pnya vega thn 2000... tp blok piston ma slinder head dah pke jupitr... pngn agax ngacir racikan'y apa az....???? mksh.....
BalasHapusSalam kenal.
BalasHapusinfonya lengkap banget mas..dan bnyak membantu..
ijin share ya..hehe
Cithika_share di posting lagi. apa share linknya mas?
BalasHapuskalau share di posting lagi, jangan lupa sumber link dari judul ini mas
Bro pake karbu shogun sp nya yg asli / biasa n intake nya pake bawaan vega new / bawaan sp? Motor ku udh ganti karbu shogun sp yg biasa merk mikuni tp koq susah dpt settingannya ya? Bgs nya pake pilot n main punya vega nya / SP nya? Kondisi motor skrg udh os 50, cdi kawahara, koil tdr, per kopling fu, busi iridium.
BalasHapusAnonim_ini cuma menurut ane, lebih enak pakek yang ori dan per koplingnya pakek punya rx king saja
BalasHapusSip mas bro..
BalasHapusAne jg mo tanya neh..
untuk perbandingan gir nya bro?soalnya t4 ane wilayah perbukitan..
kukuh_gir standart sepeda anda ukuran berapa?.
BalasHapusdepan belakang
utk perbandingan gir skrg saya pake 15-35...trus saya coba pake karbu king..kog dia malah kaya da bensin yg muncrat keluar ya?
BalasHapusgirnya coba diganti 13-36 aja gan
BalasHapusgan , cat block mesin nya pake cat apa tuh gan?
BalasHapusblogger_saya pakek cat dyton
BalasHapus'misi gan, vega r '07 tmpilan std tp mau main msin spy laju, spekny ap aj gan??? Makasih y gan...
BalasHapusmlm gan...
BalasHapusVega r '07 std mau maen mesin spy ttp kenceng buat harian/skali2 pke touring, spek (karbu, gir) ap aj yg hrs dgnti... Makasih y gan
Anonim_malam juga, karbu 24 gir 13 dan yang lain silahkan baca keterangan di atas atau anda bisa baca juga di Bore Up Harian Motor Jupiter Z dan Knalpot
BalasHapusuk gir blkng brp gan? Klo knalpot pke jupi burhan atw jupi yg mn co2k ke vega r '07 ane y gan??? Makasih pool y gan infonya yg diatas...
BalasHapusAnonim_kalau menurut saya lebih enak pakek gir ukuran 36, knalpot brong.
BalasHapusemangnya mau main sapa apa?
thanks infone gan
BalasHapusAssalamu`aikum?admin yang terhormat ane mau tanya,vega ane thn 2005,udah ane bure up,piston ane pakek KZ,noken as udah ane pangkas 1,5mm,karburator pakek standat tapi udah ane reamer pakek skep suzuki tornado,kopling udah pakek manual,kampas pakek FR,per kopling pakek Smash,yang saya mau tanyakan,1,2,3 oke,tapi ketika gear udah masuk 4 malah ngempos kira'' apa yang musti ane ganti?mohon pencerahanya...!!
BalasHapussismick1_oke gan.
BalasHapuscirikit tanen_coba per koplingnya pakek punya RX King
klo vega new udah pake piston kaze 200
BalasHapuskuil YZ
noken as udah papasan...
enaknya pake cdi apaan....???
gan ,motor ane vega r 2004 ,pas di gear 4 tarikan motor terasa berat di kec.80 kpj itu masalahnya apa ya ? trus apa yang harus dibenerin/diganti ? mesin msih std ..thanks
BalasHapusmotor nha keren mas brooo...
BalasHapusmotor aku vega thun 2004..
supaya kencang apa nha d ganti y..
pdahal piston nha pake sonic, klep pakek sonik, asklep pake kawahara,
per klep TDR , bandulan pakek vega zr..
tapi sama king masih ke tinggalan 1 ban,,
buat matic ada gak gan ???
BalasHapusmudahmudahan pemberitahuan dan cara diatas benar dan hasihnya maksimal :)
BalasHapusjadi brp cc tuh "vega lama" kalo d modif seperti itu ?
BalasHapusBiaya papas noken nya brapa masbbro..
BalasHapusthank mas bro ijin copy kontenya buat di blog ane http://motorbore-up.blogspot.com/
BalasHapusMini min numpang nanya
BalasHapusAne pnya vega new . Di selah nya ngelos trus. Udh servis abis 300rb tp msh kya gtu. Kira" aph nya ya itu
Numpang nanya bang klo pake seher kaze 50 bsa kga
BalasHapusGan kira" porting brpa ml ya,buat lubang masuk keluar'a bahan bakar
BalasHapus#vega lama
bang mau nanya kalo pke piston 52 emng klo gk di papas gpp kan
BalasHapusMau nanya, boring vega r new pnp vega lama ga?
BalasHapus